Rabu, 09 November 2011

Objek wisata Kota Pematangsiantar

Kota Pematangsiantar adalah salah satu kota di Provinsi Sumatera Utara,
dan kota terbesar kedua di provinsi tersebut setelah Medan
Terdapat Banyak Tempat wisata di Kota Pematangsiantar..
Jika anda anda berwisata ke Kota pematangsiantar ada beberapa tempat yang harus anda kunjungi....

1. Taman hewan Pematangsiantar

Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) merupakan salah satu objek wisata di Sumatera Utara sebagai tempat hiburan yang layak, terjangkau dan mendidik bagi berbagai kalangan, memiliki ratusan jenis hewan yang berasal dari dalam dan luar negeri juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas bermain. Pemugaran dan pengembangannya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 13 November 2007.
Sejarah
THPS dibuka untuk umum pada tanggal 27 November 1936 dengan luas areal 4,5 Ha yang didirikan oleh Dr. Coonrad, sekaligus merupakan pemimpin pertama dan merupakan Taman Hewan ke empat tertua di indonesia setelah Surabaya, Bukit Tinggi dan Bangdung.
Pada bulan Juni 1965 didirikan museum Zoological oleh Prof. Dr. F.J Nainggolan yang diresmikian oleh Ibu Rahmi Hatta (Ibu Wakil Presiden RI). Melihat kenyataan bahwa kondisi THPS tersebut tidak lagi memenuhi harapan masyarakat, seperti kondisi hewan yang sedikit dan tidak terawat juga sudah sangat memprihatinkan keadaannya, maka sejak tanggal 1 September 1996, THPS yang sebelumnya dikelola oleh Pemko Pematang Siantar, diambil alih oleh seorang Pengusaha Nasional Pecinta Lingkungan putra daerah setempat DR. H. Rahmat Shah selama 30 (tiga puluh) tahun.
Peran dan Fungsi Taman Satwa & Kebun Binatang
Konservasi:
* Sebagai lembaga konservasi Ex-situ (untuk menangkar satwa langka diluar habitatnya) dan merupakan benteng tarakhir penyelamatan satwa.
* Menyelamatkan satwa yang terancam punah karena kerusakan habitatnya.
* Menjaga kemurnian genetik.
* Tempat penitipan satwa-satwa langka milik negara
Pendidikan:
* Sebagai sarana pendidikan ilmu pendidikan pengetahuan dan teknologi.
* Meberikan pendidikan dan pengetahuan kepada masyarakat luas mengenai pentingnya konservasi alam dan lingkungan melalui peragaan pertunjukan satwa.
* Menanamkan rasa cinta terhadap satwa dan alam sejak dini kepada siswa sekola dan berbagai kalangan masyarakat lainnya, melalui program pengenalan satwa liar dan lingkungan.
* Melaksakan penyuluhan tentang konservasi sumber daya alam secara berkelanjutan kepada masyarakat diseluruh pelosok indonesia.
Riset dn Penelitian:
* Sarana penelitian bagi berbagai disiplin ilmu, Kedokteran Hewan, Bilogi, Peternakan & Pariwisata dari berbagai tingkat pendidikan.
* Sarana penelitian para pakar konservasi dari lembaga konservasi nasional maupun internasional.
Rekreasi:
* Hiburan layak dan terjangkau bagi masyarakat dan sebahai tempat rekreasi yang sehat dan mendidik bagi berbagai kalangan.
* Dan peran fungsi lainnya yang ssangat menguntungkan negara kita.
TAMAN HEWAN PEMATANG SIANTAR
Jalan Kapt. M.H Sitorus No. 10 Pematang Siantar 21115

2.Museum Simalungun





Museum Simalungun adalah bangunan spesipik Simalungun yang menyimpan berbagai benda-benda dan barang-barang purbakala peninggalan Kerajaan-kerajaan di Simalungun. Berbagai koleksi yang ada di Museum Simalungun yang terletak di Pusat kota Pematangsiantar antara lain adalah :

1.    Peralatan Rumah Tangga seperti :
-    Parborasan (Tempat menyimpan beras)
-    Pinggan Pasu (Piring nasi untuk Raja)
-    Tatabu (Tempat menyimpan air)
-    Abal-abal (Tempat menyimpan garam)
-    dsb.

2.    Peralatan Pertanian seperti :
-    Wewean (alat memintai tali)
-    Hudali (Cangkul)
-    Tajak (Alat membajak tanah)
-    Agadi (Alat menyadap nira)
-    dsb.


Museum Simalungun
3.    Peralatan Perikanan seperti :
-    Bubu (Penangkap Ikan dari Bambu)
-    Taduhan (Tempat menyimpan ikan)
-    Hirang-lurang (Jaring penampung ikan)
-    Hail (Kail)
-    dsb.
4.    Alat-alat Kesenian seperti :
-    Ogung    -    Sarunai
-    Mong-mong    -    Sordam
-    Hesek    -    Arbab
-    Gondrang    -    Husapi, dsb.
5.    Alat-alat perhiasaan, seperti :
-    Suhul gading (keris)
-    Raut (pisau)
-    Gotong (Kopiah laki-laki)
-    Bajut (Tas Wanita)
-    Bulang (Tudung Wanita)
-    Suri-suri (Selendang Wanita)
-    Gondit (Ikat pinggang pria)
-    Dorami (Perhiasan Kepala pria)

3. Vihara Avalokitesvara Pematang Sianta

 




 Lokasi Jalan Pane, Pematang Siantar, Sumatera Utara, INDONESIA Dalam perjalanan menuju Parapat, anda akan melalui kota Pematang Siantar dan melihat patung Bodhisatva Avalokitesvara (Dewi Kwan In) yang menjulang tinggi, ini adalah tujuan wisata religi di kota Pematang Siantar bagi umat Buddha. Anda dapat bersembahyang atau berfoto di dekat patung2 yang tersebar di Vihara Avalokitesvara. Bagi penganut agama lain bisa melihat patung Bodhisatva Avalokitesvara yang tertinggi di Asia tenggara dan masuk dalam MURI (Museum Rekor Indonesia). Patung Kwan Im di Siantar ini selesai dibangun dalam waktu tiga tahun dan diresmikan pada 15 November 2005. Patung setinggi 22,8 meter ini dipesan langsung dari RRC dan dibuat dari batu granit. Bagi pemeluk Buddha, Dewi Kwan Im adalah dewi kasih sayang yang selalu dipuja. Kwan Im atau Guan Yin dikenal sebagai Bodhisattva atau calon Buddha, yakni manusia yang hampir mencapai kesucian atau kesempurnaan. Posisi Kwan Im di Siantar ini bernama Kwan Im Pemegang Sutra atau kitab ajaran Buddha. Posisi ini adalah satu dari 33 julukan Kwan Im. Kwan Im ini disebut pula Avalokitesvara, serupa dengan nama vihara di mana patung ini dibangun. Aval berarti mendengar, lokite artinya dunia dan svara berarti suara. Avalokitesvara berarti mendengar suara dunia. "Avalokitesvara sesuai kepercayaan Buddhis berarti kasih sayangnya akan datang, dan mereka yang kesusahan akan didengar," kata Bikkhu Dhyanavira, pimpinan Vihara Avalokitesvara. Patung Kwan Im ini dikelilingi catur mahadewa raja atau malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Di kompleks patung terdapat sebuah lonceng besar dan sebuah roda doa (praying whell). Di halaman bawah, 33 patung Kwan Im ukuran kecil mengelilingi patung raksasa ini. Data - data patung Bodhisatva Alvalokitesvara : Patung Avalokitesvara Bodhisatva ( Dewi Kwan In) Lebar 8,4 meter , Tinggi 3,5 meter Total ketinggian patung 22,8 meter Spesifikasi data teknis rupang Arca Buddha Avalokitesvara : 1. Teratai : a. Ketinggian teratai = 3 meter b. Jumlah daun teratai = 108 lembar 2. Arca Buddha : a. Ketinggian Rupang Buddha = 19,8 meter b. Jumlah Batu Granit = 238 lembar 3. Berat total batu granit = 388 buah 4. Berat total batu coran = 502 ton 5. Berat total besi = 70 ton Ukuran keseluruhan Lebar 8,4 meter, tinggi total 22,8 meter dengan berat 1500 ton. Peta Pematang Siantar
Masih banyak si objek wisata lain..yang ada di pematangsiantar
yaitu Taman Bunga, Pemandian Karang anyar, dan banya lagi

1 komentar:

  1. kalau boleh tau luas vihara ini berapa ya ? mohon di bantu

    BalasHapus