Selasa, 15 November 2011

Amazing Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran Panjang 100 Km dan Lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama pulau Samosir
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit lawang  dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata terpopuler di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, Danau Toba dengan Pulau Samosirnya sangat menarik wisatawan domestik maupun mancanegara
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Keindahan Danau Toba sangat mengagumkan. dikelilingi oleh perbukitan, memberikan pesona khas di sekitar danau terasa nyaman, udaranya segar dan sejuk. menikmati keindahannya dengan berenang atau pun menyewa perahu motor, mengitari sekitar danau. Pada sore hari, dapat menikmati suasana yag lebih hening dengan pemandangan cahaya matahari terbenam yang begitu indah.
Danau yang luas ini memiliki nilai magis dan kosmologis, karena dipercaya sebagai tempat berdiamnya tujuh dewi leluhur Suku Batak.
Bilamana masyarakat Suku Batak ingin menggelar acara adat di sekitar danau, mereka harus terlebih dahulu memohon izin .Seperti dalam perayaan Pesta Rakyat Danau Toba yang setiap tahunnya digelar, beberapa ritual dilakukan terlebih dahulu sebagai bentuk penghormatan terhadap leluhur.
Di tengah Danau Toba, yaitu di Pulau Samosir terdapat objek wisata alam yang populer, yakni danau di atas danau Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang ,  objek wisata sejarah di komplek makam Raja Sidabutar di Desa Tomok dan wisata arsitektur berupa komplek rumah tradisional Batak Toba Samosir. 
Ke Pulau Samosir dapat menumpangi angkutan feri yang setiap jamnya berangkat ke Desa Tomok, Samosir.
Lokasi Danau Toba berada pada beberapa kabupaten, antara lain Kab. Simalungun, Kab. Samosir, Kab. Tapanuli Utara, Kab. Humbang Hasundutan, Kab. Karo, dan Kab. Dairi, Sumatera Utara, Indonesia.  Untuk mencapai lokasi wisata, pengunjung dapat melalui rute Kota Medan-Parapat atau pun melalui rute Medan-Berastagi yang berjarak lebih kurang 176 km dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam dengan kendaraan darat.
Akomodasi dan Fasilitas Lainnya dapat ditemukan dipesisir danau , baik penginapan kelas melati atau pun hotel berbintang. Restoran, kafe dan warung makan




























Tidak ada komentar:

Posting Komentar